7 Kebiasaan yang Membuat Tidak Bahagia

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Ada quote seperti ini "Very little is needed to make a happy life; it is all within yourself, in your way of thinking." (Hanya sedikit yang dibutuhkan untuk menjadi bahagia, itu semua ada diantara kamu dan cara kamu berpikir).

Keadaan memang dapat membuat hidup kita tidak bahagia. Namun, sebagian besar ketidakbahagiaan justru terjadi karena pemikiran, sifat dan kebiasaan kita sendiri.

Jadi, kalau kita ingin bahagia, maka hindarilah beberapa kebiasaan berikut ini

1. Ingin selalu sempurna

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Apakah segala sesuatu harus sempurna dulu, baru bisa bahagia? Tentu saja kamu kalian tidak akan mendapat kebahagiaan. Tidak ada yang sempurna selain Dia Yang Maha Esa.

Mulailah dengan kata "cukup baik". Ketika target yang kita tentukan adalah "cukup baik", tentu akan lebih mudah mencapainya. Dan kita akan lebih merasa puas.

2. Terlalu mendengarkan hal negatif

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Kita semua bersosialisasi satu dengan yang lainnya. Apa yang kita baca, kita lihat dan kita dengarkan akan mempunyai efek yang besar terhadap pemikiran dan perasaan kita.

Suara-suara yang mengatakan hidup itu suram, hidup itu berbahaya, dipenuhi ketakutan dan kecemasan, akan membuat kita sulit untuk bahagia.

Gantilah hal-hal tersebut dengan sesuatu yang positif. Habiskan waktu dengan orang-orang yang berpikir positif, membaca buku, mendengarkan musik ataupun menonton film yang membuatmu tertawa, inspiratif dan membuat berpikir cara baru menjalani hidup.

3. Terjebak di masa lalu & Mencemaskan masa depan

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Menghabiskan waktu untuk memikirkan kenangan buruk di masa lalu, konflik, peluang yang terbuang sia-sia, akan membuatmu tersakiti.

Begitu juga dengan terlalu memikirkan masa depan, membayangkan bagaimana jika suatu hari kalian salah dalam bekerja, atau hubungan dengan pasangan menjadi tidak baik, dll, malah hanya akan menjadi mimpi buruk kalian tiap malam.

Memang sebagai manusia, kita perlu merencanakan hari esok dan belajar dari masa lalu. Namun jangan terlalu merenunginya ya. Jangan sampai kalian tenggelam dan melupakan masa sekarang, hari ini, detik ini.

4. Membandingkan dengan orang lain

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Membandingkan harta yang kamu miliki, hubungan / status, jabatan atau popularitas hanya akan membuatmu bersedih dan termenung di malam hari. Perasaan iri selalu memenuhi pikiranmu.

Mulailah untuk membanding kamu dengan kamu yang dulu. Lihat seberapa banyak kalian bertumbuh, prestasi yang kalian capai, dan hal baik yang kamu lakukan.

5. Fokus pada kekurangan diri

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu dilakukan adalah mensyukuri dan memanfaatkan kelebihan kita & mengubah kekurangan menjadi kelebihan.

Kalau terasa berat, setidaknya jangan merenungi nasib dengan kekurangan yang kita miliki. Bersyukurlah, nanti nikmatnya akan ditambah.

6. Membatasi diri karena takut

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Banyak orang membatasi diri, karena alasan takut nanti orang berpikir begini, ngomong begitu ketika kalian melakukan sesuatu. Perlu kalian ingat ya, mereka juga punya kesibukan dibanding memperhatikan setiap yang kamu lakukan.

Asahlah dan kembangkan setiap potensi yang ada. Jangan terlalu memikirkan pendapat orang yang iri dengan kalian. Berpikiran terbuka dengan dunia luar.

7. Hidup terlalu rumit

15 Apr 2020 Oleh: henitaslimah

Hidup memang kadang rumit dan membuat stres. Tapi sebenarnya kita sendiri yang menentukan. Dunia luar mungkin keadaannya rumit, tapi kita bisa membuatnya simpel.

Misalnya, lakukan satu hal dalam satu waktu. (Hindari kegiatan nyambi). Pastikan sudah tuntas, baru melanjutkan kegiatan berikutnya.

Rencanakan 2-3 hal yang harus dikerjakan hari ini tetapi fokus. Bukan melakukan banyak hal tapi setengah-setengah, dan harus dilakukan berhari-hari.


Kontribusi

Ada yang kurang dari artikel diatas? Tambahkan idemu dibawah ini.

Silakan login untuk melanjutkan.

Login