10 Kerja Sampingan Online dari Rumah yang Menjanjikan

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Kerja sampingan / Freelance / Kerja part time adalah Pekerjaan yang dilakukan diluar profesi utama seseorang. Biasanya tidak memerlukan waktu kerja yang baku dan lepas dari bayang-bayang perusahaan.

Sebenarnya banyak sekali loh pekerjaan sampingan online yang omzetnya cukup menggiyurkan. Yang dibutuhkan disini adalah bakat dan ketlatenan. Untuk modal, kebanyakan kerja sampingan online bisa dibilang tanpa modal.

Jika kalian serius mau memulai suatu kerja sampingan, pastikan kalian benar-benar berbakat / setidaknya berminat di bidang tersebut. Perlu diingat ya, diluar sana banyak juga yang ingin melakukan kerja sampingan. Artinya saingan kalian bukan lagi 1 kantor, tapi seluruh pengguna internet.

Dan, buat kalian yang belum berbakat, tidak ada kata terlambat buat belajar. Mereka yang banyak jobsekarang ini, dulunya juga tidak bisa.

1. Menulis Artikel

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Suka menulis dan pintar merangkai kata-kata? Cobalah menjadi penulis artikel yang baik dan SEO. Kalian bisa mulai dengan membuat blog dan menulis artikel di blog tersebut.

Setelah terbiasa, kalian bisa mulai menguangkannya. Beberapa media/berita online mau membayarkan untuk setiap artikel yang kalian tulis di website mereka.

Mau lebih cepat? Coba cari website freelance pasti ada kategori menulis artikel. Dan banyak pula orang yang mencari jasa menulis artikel, dimana biaya jasanya bisa kalian sendiri yang menentukan.

Mau lebih gampang? Coba cari grup-grup blogger di Facebook/Whatsapp atau lainnya. Tawarkan ke mereka tentang jasa menulis artikel yang kalian miliki. Perlihatkan ke mereka tulisan di blog kalian. Terkadang seorang blogger juga ingin artikel yang instan.

2. Desain grafis

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Berbakat dibidang desain grafis, memiliki peluang yang lebih baik dibanding menulis artikel. Tidak begitu banyak orang bisa mendesain (termasuk saya). Beberapa memang sudah berbakat seni dari lahir.

Sekarang ini sudah banyak website freelance yang menyediakan lowangan desain grafis. Dan tentunya banyak pesaing desainer lain di website tersebut. Tipsnya adalah tawarkan mulai dengan harga miring, sampai kalian punya rating baik dan mulai menaikan tarif.

Cara yang lebih mudah adalah posting saja hasil karyamu di media sosial. Tawarkan ke teman terdekat dulu. Sambil menunggu seseorang yang tertarik dengan karyamu.

Yang penting disini adalah kualitas. Jika hasil karyamu sudah setara dengan perusahaan besar, maka tidak akan lama uang akan mencari kalian.

3. Influencer Sosial Media

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Menjadi influencer bisa dilakukan oleh semua orang. Kemampuan yang dibutuhkan disini adalah ketlatenan. Kalian harus punya konten yang menarik dan membuat banyak orang memfollow / subscribe di akun sosmed kalian.

Setelah kalian populer, secara otomatis para penjual produk akan menghubungi kalian untuk mengiklankan produk mereka. Kalian tulis saja, bagaimana cara untuk kerjasama bisnis di bio / catatan akun kalian (lewat DM atau email atau Whatsapp).

4. Gamer Handal

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Pekerjaan sampingan yang satu ini pasti banyak yang berminat. Kalian hanya perlu bermain di sebuah game yang sedang trending, bermain sampai mendapatkan level yang cukup tinggi lalu jual akunnya.

Meski tampaknya simpel, kalian harus bekerja ekstra untuk mendapatkan hasil yang cepat. Dan juga perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk dapat mencapai level yang tinggi. Tentunya hal ini tidak cocok bagi orang tidak banyak waktu luang atau sudah berkeluarga.

5. Fotografi

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Buat kalian yang suka berfoto-foto ria, daripada cuma buat dipajang mending di uangkan saja. Cukup dengan pengambilan angle yang tepat, editing saturation dan coloring dikit-dikit, fotonya menjadi aliran uang yang menggiyurkan.

Cari website yang menerima hasil fotografi seperti Shutterstock contohnya. Tentunya kualitas fotomu harus bagus ya. Karena sainganmu adalah semua fotografer di berbagai negara.

6. Edit foto

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Sama seperti desainer grafis, jasa edit foto juga memerlukan bakat / keahlian khusus. Banyak website-website yang menawarkan projek untuk para editor seperti kalian.

Kalau mau lebih simpel, coba cari di twitter biasanya ada yang minta editkan fotonya (meskipun kadang cuma ganti background). Jangan lupa untuk membangun kepercayaan, salah satunya dengan mengupload hasil karya ke akun sosmed kalian.

7. Data Entry

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Buat kalian yang tidak bisa desain, dan mengaku tidak ada jiwa seni janga berkecil hati ya. Jika kalian setidaknya bisa mengoperasikan Excel, kalian bisa mencari job Data Entry.

Kategori ini selalu ada di website-website freelancer. Banyak pengusaha yang tidak begitu tlaten melakukan entry data berulang-ulang. Disitulah peluangmu muncul. Tapi ingat ya, ketelitian adalah yanng paling utama disini.

8. Guru privat online

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Buat para mahasiswa, menjadi guru private bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang bisa diandalkan. Tidak hanya secara langsung, sekarang ini banyak platform edukasi yang bisa kalian gunakan untuk mencari uang.

9. Membuat Website / Apps

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Keahlian yang satu ini sangat diminati banyak perusahaan. Bahkan kalau kalian tertarik menjadikannya pekerjaan tetap, sangat banyak lowongan-lowongan untuk programer.

Selain desain grafis, kategori pembuatan apps / website juga paling laris di website-website freelance. Dan tentunya persaingannya sangat ketat. Kalian yang belum punya rating tinggi, akan sulit mendapat job.

Nah, bagi kalian yang sudah bisa membuat website / apps kecil-kecilan, kalian bisa mulai dengan menawarkan ke teman dekat / saudara yang punya usaha.

Kalau sudah lumayan jago, kalian bisa mulai mencari mahasiswa IT yang memerlukan bantuan untuk skripsi mereka (ini peluangnya menggiyurkan). Biaya jasanya lumayan loh terutama daerah Jakarta.

Terus asah kemampuan ngoding kalian. Pelajari berbagai teknologi baru. Pasti nanti uang yang akan mencari kalian.

10. Buka Toko Online

12 Apr 2020 Oleh: ratnaaditya

Lihat Gambar

Daripada kamu habiskan uangmu untuk berbelanja online, mulailah untuk membuka toko onlinemu sendiri. Mulailah dengan barang-barang sesuai hobimu agar lebih semangat.

Cara kamu mendapatkan lapak berjualan sangatlah mudah. Banyak marketplace yang menyediakan fitur berjualan. Disisi lain, pesaingmu juga sangatlah banyak.

Tips suksesnya adalah cari pelanggan dulu. Berikan pelayanan memuaskan, dengan harga miring. Semakin banyak rating positif, semakin banyak orang mempercayai toko onlinemu.


Kontribusi

Ada yang kurang dari artikel diatas? Tambahkan idemu dibawah ini.

Silakan login untuk melanjutkan.

Login